Sabtu, 29 April 2017

Pertemuan Dua Lautan

Tau ga kalo di dunia ini ada laut yang airnya ga nyatu? Warna lautnya beda, rasanya juga beda. Yang satu asin, yang satunya lagi tawar. Keren kan? Air tersebut berasal dari lautan Atlantik dan laut Mediterania, tepatnya di selat Gibraltar, yaitu perbatasan negara Spanyol (Eropa) dan Maroko (Afrika).



Disebutkan dalam Al-Quran surat Ar-Rahman(55): 19-20

مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيَانِ -١٩- بَيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لَّا يَبْغِيَانِ -٢٠-  
Dia Membiarkan dua laut mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu, (19) di antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. (20)

Dan juga dalam surat Al-Furqan(25): 53

 وَهُوَ الَّذِي مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هَذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَهَذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخاً وَحِجْراً مَّحْجُوراً -٥٣- 
Dan Dia-lah yang Membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia Jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus. (35)

Lautan 2 warna

Keren ga lautnya?


Di sana terjadi pertemuan dua jenis air yang berbeda. Lautan yang berwarna cerah berasal dari laut Mediteranian yang sangat asin, sedangkan lautan yang berwarna biru gelap berasal dari lautan Atlantik yang tidak terlalu asin. perbedaan salinitas (keasinan) air laut tersebut menyebabkan terbentuknya penghalang yang menyebabkan air laut tidak dapat bersatu. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh adanya perbedaan suhu dan massa jenis cairan tersebut. Dengan adanya pemisah ini, setiap lautan memiliki karakteristiknya sendiri sehingga dapat menjaga ekosistem makhluk hidup yang berada dalam air tersebut.

Semoga bermanfaat!

1 komentar: